Literasi Digital Indonesia

Awalindo Cybersecurity bersama CSIRT Awalindo mengajak masyarakat Indonesia mengenal Literasi Digital.

AWALINDO CYBERSECURITY

Fuji Utomo, SH
Fuji Utomo, SH

Expert dibidang hukum transportasi.


Lorena-Karina Transportation

Dr. Aulia Taswin, SH., MH., CEH., CHFI, CPENT
Dr. Aulia Taswin, SH., MH, CEH., CHFI., CPENT

Expert dibidang hukum kesehatan dan hukum siber.


Awalindo Law Firm

Angga Kurniawansyah, SH
Angga Kurniawansyah, SH

Expert dibidang hukum kesehatan.


Awalindo Health Law

LITERASI DIGITAL MASYARAKAT INDONESIA

AWALINDO-CSIRT adalah Awalindo-Computer Security Incident Response Team suatu komunitas pemerhati terhadap literasi digital yang memberikan pelayanan dalam mencegah, bereaksi, menanggulangi dan menanggapi terjadinya insiden keamanan siber.

CSIRT AWALINDO LITERASI DIGITAL

Memberikan dukungan respons insiden. Bergantung pada cara CSIRT diatur dan layanan yang ditawarkan, CSIRT dapat memberikan dukungan respons insiden melalui hal berikut: layanan tanggap insiden di tempat yang diberikan langsung kepada konstituen; layanan tanggap insiden yang disampaikan melalui email atau telepon; atau layanan respons insiden terkoordinasi yang menggabungkan dan mengalokasikan upaya berbagai tim respons insiden di berbagai konstituen.

Dirut RSUD Ibnu Sina: Website RSUD Ibnu Sina diretas Hacker
Awalindosyber - Berawal dari keluarga pasien ingin pesan kamar dan atau ketersediaan tempat tidur melalui online website rumah sakit, karena tidak reponse time adminnya, maka menimbulkan kekecewaan masyarakat. Untuk mengatasi hal itu setiap daerah kini melakukan up-to-date website bagi Rumah Sakit dan layanan kesehatan, yang bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui jadwal konsultasi, sekaligus memberikan kolom khusus untuk masyarakat yang ingin melakukan booking online. Dengan adanya fitur booking online pada website, layanan kesehatan akan terschedule dengan rapi dan masyarakat tinggal datang di waktu yang telah dipesan sebelumnya tanpa perlu repot mengantre. Namun hal itu tidak terjadi di RSUD Ibnu sina Kabupaten Gresik, website yang seharusnya menjadi jendela informasi dan proses Booking Room secara online ternyata tidak pernah update. “Saya cek ketersediaan kamar di halaman web “https:// rsudibnusina.gresikkab.go.id/ layanan-kesehatan/instalasi-rawat-inap/ketersediaan-tempat-tidur/” dan saya konfirmasi ke petugas kamar diinfokan tidak sesuai dengan di lapangan,” ungkapnya di laporan yang ditujukan ke Pemerintah Kabupaten Gresik. (12/2/2024). “kenapa harus di buat web kalo memang tidak digunakan, web merupakan informasi utama publik untuk melihat info terbaru dari RS, buang-buang uang saja,” tuturnya dalam laporan. Tidak cukup disitu saja, pada pengaduan kedua, (14/2/2024) dirinya sangat kecewa dengan sikap RSUD Ibnu Sina yang menurutnya kurang tanggap terkesan lambat. “Kurang tanggap dalam membalas WA yang ada, tidak update ketersediaan kamar pada halaman web.” tulisnya dalam aduan. “kalau sudah memfasilitasi layanan online kenapa tidak dimaksimalkan, saya merasa sangat diacuhkan saat bertanya masalah kamar di whatsapp, saya telepon juga sangat lama, baru yang ke 5 diangkat, dan (pihak RS) menyatakan memang info di web tidak sama.” tambahnya. “terus fungsi online apa disini, kalo memang tidak melayani online, tolong di tutup saja, buang-buang uang daerah,” tuturnya. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Mukhibatul Khusnah saat dikonfirmasi mengenai hal ini belum memberikan jawaban. Terpisah, Dirut RSUD Ibnu Sina, dr. Soni saat dikonfirmasi, Senin (19/2/2024) mengatakan jika memang masih bermasalah dan dalam tahap perbaikan oleh Diskominfo. “Website kita habis kena hacker pak, masih dalam penanganan diskominfo, jadi sementara ditake down dulu. Rencana mau ganti apa gitu saya ndak faham, yang tidak mudah ditembus hacker,” paparnya. Kepala Dinas kominfo Kabupaten Gresik, Ninik Asrukin saat dikonfirmasi mengenai Website RSUD Ibnu Sina yang diduga diretas bandar judi online, selasa (20/2/2024) mengatakan hal itu tidak benar, dirinya menyampaikan jika sampai saat ini Website RSUD Ibnu Sina tidak ada masalah, “Setelah kami cek websitenya bisa pak, normal dan tidak ada masalah,” ungkap Kadis Ninik. radarjatim.co